Info Hijab Modern Terbaru, Tips Jilbab dan Hijabers, Tips Kecantikan, Jilbab Modern

TIPS CARA MEMBIASANAKAN ANAK BERHIJAB

Artikel terkait : TIPS CARA MEMBIASANAKAN ANAK BERHIJAB

Tips Cara Melatih Anak Untuk Berhijab - Sahabat Miszafie, ketika melihat anak-anak kecil khususnya gadis kecil yang imut dan cantik dengan pipi chubby dan mengenakan hijab yang warna-warni, pasti kita merasa gemas dengan melihat tingkah lucu mereka. Dari kecil sudah mengenal hijab, sudah cantik imut-imut dan lucu sudah kita beri pelajaran mengenai syariat islami. Subhanallah..., serasa menjadi seorang ibu yang sangat berbahagia.

Miszafie kali ini membahas tentang penitngnya mengenalkan hijab sejak dini, sangat bermanfaat untuk keadaan fisik dan psikis anak gadis kecil nanti saat sudah dewasa dengan bekal yang banyak tentang ajaran islami melalui cara berbusana. Dengan memberikan contoh berhijab anak-anak akan mudah memahami dan menirukannya. Karena kita tahu prinsip dan pola pikir anak kecil adalah meniru semua yang ada dilingkungan sekitarnya.

Jadi intinya sangat mudah bagaimana cara kita memberikan contoh yang baik sesuai agama islam dan otomatis anakpun akan mudah untuk meniru dan membentuk karakter sejak dini. Nah oleh karena itu Miszafie akan memberikan tipsnya. 
TIPS CARA MEMBIASANAKAN ANAK BERHIJAB

Tips Membiasakan Anak Berhijab

Ada anak-anak yang sangat menyukai mengenakan hijab, dengan alasan ingin seperti mama, supaya terlihat cantik dan karena hijabnya lucu. Tetapi ada pula anak-anak yang tidak betah berhijab karena merasa gerah dan tidak nyaman.

Supaya anak Anda mau berhijab dan merasa senang, sebaiknya Anda ikuti tips berikut ini dalam membiasakan anak berhijab :
  1. Beri contoh yang baik. Anak selalu mengikuti figur orang tua. Jika Anda mencontohkan kapan saja dan bagaimana cara berhijab yang benar dan memenuhi syariat, tentu anak Anda akan terbiasa untuk melakukan hal yang sama. Mendidik anak bukanlah hanya dengan kata-kata, melainkan teladan. Orang tua harus menjadi teladan yang baik bagi anak.
  2. Tahapan berhijab sesuai usia. Anak kecil rentan terhadap keringat. Sebaiknya Anda tidak langsung memakaikan hijab panjang pada anak, melainkan bertahap sesuai usianya. Kenalkan anak pada topi, busana yang sopan, kemudian busana muslimah dan hijab yang menutup aurat dengan baik.
  3. Pemilihan bahan dan model. Agar anak merasa nyaman dan senang, carikan busana muslimah dengan bahan yang tidak panas, misalnya berbahan kaos atau katun yang menyerap keringat, dan dengan model yang lucu, unik, atau sederhana tapi warnanya menarik, sesuai dengan selera anak, dan biarkan mereka memilih sendiri.
  4. Tanamkan pemahaman. Sedikit demi sedikit, sampaikan pada anak mengenai kewajiban berhijab bagi wanita muslimah, bisa dengan cara bercerita, berdialog atau berdiskusi. Perkenalkan anak pada para shohabiyah di zaman nabi, atau tokoh-tokoh dan muslimah berprestasi yang bisa menjadi idola.

Tips Memilihkan Hijab yang Tepat untuk Anak

Anak-anak yang aktif dan banyak bergerak biasanya tidak suka dengan busana yang mempersulit gerakan mereka, seperti rok panjang dan lebar. Sementara anak pendiam dan perfeksionis lebih menyukai pakaian dan hijab yang serupa atau sama dengan bunda.

Untuk itu, ini dia beberapa tips memilihkan busana dan hijab yang tepat untuk anak Anda:
  1. Pilihkan bahan yang nyaman dipakai. Tidak perlu tebal, tetapi hindari bahan tipis dan transparan, untuk melatih pemahaman anak tentang busana yang benar-benar menutup aurat.
  2. Sesuaikan dengan karakter anak. Hijab praktis lebih cocok untuk anak yang aktif, sedangkan anak pendiam bisa dipakaikan hijab yang menyerupai hijab orang dewasa.
  3. Samakan dengan bunda. Biasanya anak perempuan suka berpenampilan seperti bunda. Buatkan busana dan hijab dengan model atau setidaknya warna yang sama antara anak dan bunda, sehingga anak pun lebih tertarik dan bangga mengenakannya.
Dalam melatih anak, jangan harus sabar dan bertahap ^_^
Demikian informasi yang bisa Miszafie share untuk kali in tentang Penerapan Hijab Sejak Dini. Untuk para ibu-ibu dan calon ibu hijabers selalu berikan untuk membentuk jati diri anak-anak kita. Selamat berkreasi ^_^

Artikel Miszafie Lainnya :

1 komentar:

  1. Wah sangat kreatif sekali dalam mempresentasikan tutorial hijabnya saya suka deh bisa baca-baca disini sesuka hati saya dan juga lengkap sekali, saya juga mempunya beberapa tutorial berhijab seperti
    cara berhijab terbaru
    cara berhijab pashmina terbaru
    cara berhijab segi empat terbaru
    cara berhijab segitiga terbaru

    semoga bermanfaat untuk anda semuanya

    BalasHapus

Copyright © 2015 Miszafie About / Sitemap / Contact / Privacy / Disclaimer / DCMA / W3 / PING / Bloglog / Blogtopsites| Design by Bamz